ETIKA BERAPOLOGIA DI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Herbin Simanjuntak Prodi Teologi Sekolah Tinggi Teologi Lintas Budaya Batam
  • Feri Aman Mendrofa Prodi Teologi Sekolah Tinggi Teologi Tabgha Batam

DOI:

https://doi.org/10.61768/jt.v3i2.30

Keywords:

etika kristen, apologia, media sosial, etika komunikasi, iman kristen

Abstract

Tulisan ini berusaha membawa pembaca untuk tidak memisahkan etika pada pelaksanaan apologia di media sosial. Beberapa dialog apologia yang ditampilkan sedikit banyak sering terseret keluar dari etika Kristen yang seharusnya tetap dipraktikan dalam keadaan apapun. Dampaknya kegiatan apologia tidak lagi menjadi berkat bahkan dapat berujung pada kosekuensi hukum. Melalui penelitian ini penulis menginginkan para praktisi pembela iman kristen tidak memisahkan etika menurut persepektif kristen dalam berapologia. Penyusunan tulisan ini memakai metode penelitian kualitatif dimana penulis mendasarkan penulisan penelitian ini pada fenomena yang penulis amati dari media sosial. Pengumpulan data dilakukan penulis melalui observasi lapangan yang bersumber dari tulisan dan video apologis yang telah dipublikasikan di platform media sosial dan meneliti berbagai kajian teori dari penelitian terdahulu yaitu melalui jurnal penelitian ilmiah dan buku buku terkait variabel penelitian. Dari tulisan ini didapatkan besarnya peluang berapologia di media sosial semakin meningkat dan semakin dibutuhkan etika kristen dalam mengkomunikasikan doktrin kristen di media sosial. Dari ulasan tersebut maka penulis menyimpulkan etika berapologi yang urgen dipraktikan saat ini adalah berbahasa sopan, bersikap tenang, menghindari hoaks dan menghindari ujaran kebencian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, Febi, and Alia Azmi. 2020. “Penerapan Etika Komunikasi Di Media Sosial.” Journal of Civic Education 3 (3): 331–38. https://doi.org/10.24036/jce.v3i3.372.

Anggraeni, Dewi, and Adrinoviarini Adrinoviarini. 2020. “Strategi Pengawasan Terhadap Ujaran Kebencian Di Media Sosial Pada Pemilu.” AL WASATH Jurnal Ilmu Hukum 1 (2): 99–116. https://doi.org/10.47776/alwasath.v1i2.60.

Belo, Yosia. 2021. “Tinjauan Etika Kristen Terhadap Penggunaan Media Sosial.” Jurnal Luxnos 7 (2): 288–302. https://doi.org/10.47304/jl.v7i2.165.

Dowel, Josh Mc. 2002. Apologetika: Bukti Yang Meneguhkan Kebenaran Alkitab. Volume I. Malang: Gandum Mas.

Enns, Paul. 2004. The Moody Handbook of Theology Jilid 2. Malang: Literatur SAAT.

Farid, Naily Farhatin, and Fajri Rahma Pratiwi. 2021. “Media Instagram Sebagai Media Publikasi Karya Mahasiswa DKV ISI Surakarta Di Masa Pandemi Covid-19.” CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication 2 (1): 96–105. https://doi.org/10.33153/citrawira.v2i1.3672.

Frame, Jhon M. 2018. Apologetika: Sebuah Pembenaran Bagi Kepercayaan Orang Kristen. Surabaya: Momentum.

Ghobadi, Alcianno. 2020. “Sejarah Dan Perkembangan Internet Di Indonesia.” Jurnal Mitra Manajemen 5.

H. Berkhof & I.H. Enklaar. 2009. Sejarah Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Ikawati, Linda. 2018. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Tindak Kejahatan Remaja.” Syariati : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum 4 (02). https://doi.org/10.32699/syariati.v4i02.1179.

Palupi, Muncar Tyas, and Nafisah Endahati. 2019. “Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial Online: Tinjauan Deskriptif Pada Komentar Berita Politik Di Facebook.” Jurnal Skripta 5 (1). https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.125.

Panuntun, Daniel Fajar. 2020. “Misi Apologetika Kristen Online Di Era Diruspsi.” Jurnal Apostolos 2 (1): 19–20.

R.C Sproul. 2005. Etika Dan Sikap Orang Kristen. Malang: Gandum Mas.

Rahadi, Dedi Rianto. 2017. “Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 5 (1): 58–70. https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1342.

Sari, Astari Clara, Rini Hartina, Reski Awalia, Hana Irianti, and Nurul Ainun. 2018. Komunikasi Dan Media Sosial. Jurnal The Messenger. Vol. 3. https://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger/article/view/270.

Simon, Simon, Tan Lie Lie, and Heppy Wenny Komaling. 2021. “Prinsip-Prinsip Etika Kristiani Bermedia Sosial.” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 1 (1): 56–68. https://doi.org/10.54170/dp.v1i1.36.

Solusindo, E Media. 2008. Membangun Komunitas Online Secara Praktis Dan Gratis. Jakarta: PT. Gramedia.

Suyadi, Sri Lina BL Simorangkir, Yoel Tri Basuki, and Manahan Hutabarat. 2021. “Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia.” Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 1 (1): 65–77.

Waruwu, Mesirawati, Yonatan Alex Arifianto, and Aji Suseno. 2020. “Peran Pendidikan Etika Kristen Dalam Media Sosial Di Era Disrupsi.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1 (1): 38–46. https://doi.org/10.52489/jupak.v1i1.5.

William Chang. 2018. Etika & Etiket Komunikasi. Edited by Lianto. Yogyakarta: Kanisius.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Gramedia Widasarana Indonesia.

Downloads

Published

2022-10-28

Issue

Section

VOL 3 NO 2 OKTOBER 2022

How to Cite

ETIKA BERAPOLOGIA DI MEDIA SOSIAL. (2022). JURNAL TABGHA, 3(2), 78-88. https://doi.org/10.61768/jt.v3i2.30

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.