MANFAAT EVALUASI PEMBELAJARAN NON TES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI PESERTA DIDIK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.61768/ji.v3i1.120

Keywords:

Guru, Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan,, Tes, NonTes

Abstract

Sudah menjadi keharusan bagi seorang guru untuk mengetahui dan juga melakukan evaluasi  dalam pembelajaran yang dia lakukan karena hal ini merupakan salah satu kompetensi mendasar yang harus dikuasainya  sehingga  menjadi  tanggung jawabnya sebagai  pendidik.  Kompetensi ini harus sesuai dengan tupoksi guru bidang pembelajaran tersebut yaitu melakukan Penilaian pembelajaran yang meliputi  penilaian hasil belajar.  Dengan melakukan penilaian maka guru yang menjadi pengelola kegiatan pembelajaran dapat menilai keterampilan peserta didik, ketepatan metode yang digunakan, demikian juga berhasil tidaknya peserta didik mencapai keterampilan yang ditentukan.

Dalam melakukan Proses penilaian memiliki tujuan untuk  memperoleh informasi yang akurat tentang kompetensi, kualitas seseorang atau suatu objek yang dinilai, dan dalam praktiknya selalu digunakan dua pendekatan yang berbeda, yakni tes dan non tes.  Teknik non tes ini dipakai untuk melengkapi kelemahan yang terdapat pada teknik tes. Teknik non tes ini meliputi beberapa hal didalamnya yang antara lain observasi, wawancara, angket,penugasan dan beberapa metode lainnya. Evaluasi pembelajaran Nontes memberikan manfaat yang sangat menguntungkan bagi pendidik dan juga peserta didik karena didalamnya memberikan kesempatan untuk melakukan pendekatan, terjalinnya hubungan, terbangunnya komunikasi dua arah dan sekaligus mendapatkan apa yang mau dituju.

References

Abdulah, Ridwan, Kaharudin Arafah, Ishak Aziz, Dkk. 2020. Evaluasi Proses Dan Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmad, Nahjiah. 2015. Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Interpena.

Asrul, Rusyadi Ananda. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.

Elis Ratna Wula, Rusdiana HA. 2014. Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 13. Bandung: Pustaka setia.

Intan Suriyanti, Tony suhartono. P.Pane. 2023. “KOLABORASI KOMPETENSI GURU PAK DENGANKETELADANANHIDUP ORANG TUAUNTUK MEWUJUDKANKUALITAS PENDIDIKAN ANA.” Imparta 1 nomor 2: 12. https://doi.org/https://doi.org/10.61768/ji.v1i2.53.

Pranada Pane, Tony Suhartono, Intan Suriyanti. 2023. “Kolaborasi Kompetensi Guru Pak Dengan Keteladanan Hidup Orang Tua Untuk Mewujudkan Kualitas Pendidikan Anak,.” Imparta 1 nomor 2 (Kompetensi guru dan keteladanan hidup orang Tua): 2. https://doi.org/https://orcid.org/0009-0004-3357-8076.

Pranada Pane. 2022. “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBINAAN WARGA GEREJA.” Imparta 1 nomor 1. https://doi.org/https://orcid.org/0009-0004-3357-8076.

———. 2024. “Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Menyelamatkan Generasi.” Imparta 2 nomor 2: 73–82. https://doi.org/https://orcid.org/0009-0004-3357-8076.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Pane, P., & Natalia, . I. D. . (2024). MANFAAT EVALUASI PEMBELAJARAN NON TES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI PESERTA DIDIK. JURNAL IMPARTA, 3(1), 51–61. https://doi.org/10.61768/ji.v3i1.120

Issue

Section

VOL 3 NO 1: JULI 2024