MANFAAT EVALUASI PEMBELAJARAN NON TES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.61768/ji.v3i1.120Keywords:
Guru, Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan,, Tes, NonTesAbstract
Sudah menjadi keharusan bagi seorang guru untuk mengetahui dan juga melakukan evaluasi dalam pembelajaran yang dia lakukan karena hal ini merupakan salah satu kompetensi mendasar yang harus dikuasainya sehingga menjadi tanggung jawabnya sebagai pendidik. Kompetensi ini harus sesuai dengan tupoksi guru bidang pembelajaran tersebut yaitu melakukan Penilaian pembelajaran yang meliputi penilaian hasil belajar. Dengan melakukan penilaian maka guru yang menjadi pengelola kegiatan pembelajaran dapat menilai keterampilan peserta didik, ketepatan metode yang digunakan, demikian juga berhasil tidaknya peserta didik mencapai keterampilan yang ditentukan.
Dalam melakukan Proses penilaian memiliki tujuan untuk memperoleh informasi yang akurat tentang kompetensi, kualitas seseorang atau suatu objek yang dinilai, dan dalam praktiknya selalu digunakan dua pendekatan yang berbeda, yakni tes dan non tes. Teknik non tes ini dipakai untuk melengkapi kelemahan yang terdapat pada teknik tes. Teknik non tes ini meliputi beberapa hal didalamnya yang antara lain observasi, wawancara, angket,penugasan dan beberapa metode lainnya. Evaluasi pembelajaran Nontes memberikan manfaat yang sangat menguntungkan bagi pendidik dan juga peserta didik karena didalamnya memberikan kesempatan untuk melakukan pendekatan, terjalinnya hubungan, terbangunnya komunikasi dua arah dan sekaligus mendapatkan apa yang mau dituju.
References
Abdulah, Ridwan, Kaharudin Arafah, Ishak Aziz, Dkk. 2020. Evaluasi Proses Dan Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmad, Nahjiah. 2015. Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Interpena.
Asrul, Rusyadi Ananda. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.
Elis Ratna Wula, Rusdiana HA. 2014. Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 13. Bandung: Pustaka setia.
Intan Suriyanti, Tony suhartono. P.Pane. 2023. “KOLABORASI KOMPETENSI GURU PAK DENGANKETELADANANHIDUP ORANG TUAUNTUK MEWUJUDKANKUALITAS PENDIDIKAN ANA.” Imparta 1 nomor 2: 12. https://doi.org/https://doi.org/10.61768/ji.v1i2.53.
Pranada Pane, Tony Suhartono, Intan Suriyanti. 2023. “Kolaborasi Kompetensi Guru Pak Dengan Keteladanan Hidup Orang Tua Untuk Mewujudkan Kualitas Pendidikan Anak,.” Imparta 1 nomor 2 (Kompetensi guru dan keteladanan hidup orang Tua): 2. https://doi.org/https://orcid.org/0009-0004-3357-8076.
Pranada Pane. 2022. “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBINAAN WARGA GEREJA.” Imparta 1 nomor 1. https://doi.org/https://orcid.org/0009-0004-3357-8076.
———. 2024. “Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Menyelamatkan Generasi.” Imparta 2 nomor 2: 73–82. https://doi.org/https://orcid.org/0009-0004-3357-8076.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pranada Pane, Istriana Dewi Natalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.